PSE dan WKRI Cabang St. Servatius bekerja sama dengan Lembaga Penanggulangan Kanker Indonesia mengadakan penyuluhan pencegahan kanker serviks, payudara dan prostat pada hari Minggu, 9 September 2012 jam 10.00 di Aula Paroki.

Picture
Kanker payudara adalah kanker yang dimulai pada payudara, biasanya di lapisan dalam saluran susu atau lobulus. Ada berbagai jenis kanker payudara, dengan tahapan yang berbeda (menyebar), agresivitas, dan makeup genetik.

Elektron mikrograf sel kanker payudara tunggal.
Bertahan hidup sangat bervariasi tergantung pada faktor-faktor; dengan pengobatan terbaik, 10-tahun kelangsungan hidup bebas penyakit bervariasi dari 98% sampai 10%. Perawatan termasuk operasi, obat (terapi hormon dan kemoterapi), dan radiasi.

Di seluruh dunia, kanker payudara adalah jenis yang paling umum kedua kanker setelah kanker paru-paru (10,4% dari seluruh kejadian kanker, kedua jenis kelamin dihitung) dan penyebab kelima yang paling umum kematian kanker. Pada tahun 2004, kanker payudara mengakibatkan 519.000 kematian di seluruh dunia (7% dari kematian akibat kanker; hampir 1% dari seluruh penyebab kematian).



Picture
Gambar ini menunjukkan lobus dan saluran di dalam payudara. Hal ini juga menunjukkan kelenjar getah bening dekat payudara.
Beberapa kanker payudara memerlukan hormon estrogen dan progesteron untuk tumbuh, dan memiliki reseptor bagi mereka hormon. Kanker yang diobati dengan obat yang mengganggu hormon-hormon, biasanya tamoxifen, dan dengan obat yang mematikan produksi estrogen di indung telur atau di tempat lain. Ini dapat merusak indung telur dan kesuburan berakhir. Berisiko rendah, hormon-sensitif kanker payudara dapat diobati dengan terapi hormon dan radiasi saja.

Kanker payudara tanpa reseptor hormon, atau yang telah menyebar ke kelenjar getah bening di ketiak, atau yang mengekspresikan karakteristik genetik tertentu, lebih tinggi berisiko, dan diperlakukan lebih agresif.

Satu rejimen standar, populer di AS, ditambah cycophosphamide doksorubisin (Adriomycin), dikenal sebagai CA, ini obat kerusakan DNA dalam kanker, tetapi juga dalam cepat tumbuh sel-sel normal dimana mereka menyebabkan efek samping yang serius.

Kadang-kadang obat taxane, seperti docetaxel, ditambahkan, dan rezim ini kemudian dikenal sebagai CAT; serangan taxane mikrotubulus dalam sel kanker.

Pengobatan setara, populer di Eropa, adalah cyclophosphamide, methotrexate, dan fluorouracil (CMF). Antibodi monoklonal, seperti trastuzumab, yang digunakan untuk sel kanker yang memiliki mutasi HER2.

Radiasi biasanya ditambahkan  untuk mengontrol sel-sel kanker yang tidak dpt diatasi dengan operasi, yang biasanya memperpanjang kelangsungan hidup, meskipun dapat menimbulkan radiasi ke jantung yang dapat menyebabkan kerusakan dan gagal jantung pada tahun-tahun berikutnya.


 


Comments




Leave a Reply

    Sarasehan Kanker

    Minggu, 9 September 2012 jam 10 pagi di Aula Paroki St. Servatius.

    Archives

    September 2012

    Categories

    All